Selasa, 09 November 2010

ilmu budaya dasar "manusia dan kebudayaan"

Manusia dan kebudayaan

  
Manusia di alam dunia ini memegang peranan yang unik, dan dapat dipandang dari berbagai segi. Diantaranya ilmu kimia, ilmu fisika, biologi, ilmu ekonomi, sosiologi, politik, filsafat, dan sebagainya manusia memiliki pengertian yang berbeda-beda dari sudut pandangnya. Manusia sendiri dari unsur yang membangun terdiri dari empat unsure yang saling terkait, yaitu: jasad, hayat, ruh, dan nafs. Sedangkan manusia sebagai satu kepribadian memiliki tiga unsur, yaitu: id, ego, dan superego. Kesemua unsur tersebut dapat digunakan sebagai alat analisa bagi tingkah laku manusia.        

   Hakikat Manusia

Manusia pada hakikatnya adalah makhluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh. Manusia merupakan mahkluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan dengan makhluk lainnya. Dan manusia juga termasuk makhluk biokultural yang juga terikat dengan lingkungan.

            Kepribadian Bangsa Timur

Banyak orang masih sering mempersoalkan perbedaan antara kebudayaan Barat dan kebudayaan Timur. Padahal konsep itu berasal dari orang Barat dalam zaman ketika meraka melakukan ekspansi menjelajahi dunia, menguasai wilayah luas di Afrika, Asia, dan Oceania, dan memantapkan pemerintah-pemerintah jajahan mereka dimana-mana. Semua kebudayaan diluar kebudayaan mereka di Eropa Barat disebutnya kebudayaan Timur, sebagai lawannya kebudayaan mereka sendiri yang mereka sebut kebudayaan Barat. Orang-orang yang sering mendiskusikan kontras antara kedua konsep tersebut secara populer, biasanya menyangka bahwa kebudayaan Timur lebih mementingkan kehidupan kerohanian, mistik, pikiran preologis, keramahtamahan, dan gotong royong. Sedangkan kebudayaan Barat lebih mementingkan kebendaan, pikiran logis, hubungan asas guna, dan individualism.
 Macam – macam Pengertian Kebudayaan
·        Kebudayaan berasal  dari bahasa sangsekerta Buddhaya bentuk jamak dari Budhhi = budi atau kekal .
Kebudayaan menurut koentjaraningrat adalah keseluruhan sistem gagasan,tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka  kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar
·        Kebudayaan menurut E.B Tyor adalah kompleks keseluruhan yang meliputi pengetahuan,kepercayaan ,kesenian,hukum,moral,kebiasaan dll
·        Kebudayaan menurut linton menunjukan bahwa kebudayaan ternyata memiliki berbegai aspek yang meliputi cara-cara berlaku,keprcayaan, sikap-sikap dan hasil dari kegiatan manusia yang khas untuk suatu masyarakat atau kelompok penduduk tertentu.
·        Kebudayaan menurut pandangan masyarakat adalah seluruh cara kehidupan dari masyarakat yang mana pun tidak mengenai dari cara hidup itu yaitu bagian yang oleh masyarakat danggap lebih tinggi atau lebih diinginkan
             
            
   Unsur-Unsur Kebudayaan

             Bahasa Menurut koentjaraningrat ada 7 unsur kebudayaan yaitu :

1.      bahasa terdiri dari bahasa lisan dan bahasa tulisan
2.      Sistem pengetahuan,terdiri dari pengetauan tentang alam sekitar,pengetahuan tentang alam flora,pengetahuan tentang zat-zat dan bahan mentah,pengetahuan tentang tubuh manusia,pengetahuan tentang kelakuan seama manusia,dan pengetahuan tentang ruang,waktu dan bilangan.
3.      organisasi sosial,terdiri dari sistem kekerabatan,sistem kesatuan hidup setempat,sistem asosiasi dan perkumpulan,serta sistem kenegaraan.
4.      sistem peralatan dan teknologi terdiri dari alat-alat produksi,distribusi dan trasportasi,tempat-tempat untuk menaruh makanan dan minuman pakaian dan perhiasan serta tempat berlindung dan perumahan.
5.      sistem mata pencarian hidup terdiri dari berburu,meramu,bercocok tanam di lading,perikanan,bercocok tanam menetap,pertenakan dan perdagangan
6.      sistem religi terdiri dari sistem kepercayaan,sistem upacara keagamaan,kelompok keagamaan,ilmu gaib serta nilai-nilai dan pandangan hidup.
7.      kesenian,terdiri dari seni patung,seni relif,seni lukis,gambar,seni vocal,seni instrument,seni kesastraan dan seni drama


   Wujud Kebudayaan

             Ada 3 wujud dalam kebudaya
  1.   Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks dari ide-ide,gagasan,nilai-nilai,norma-norma,peraturan dan sebagainya
  2.    Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat.
  3. .   Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia



Menurut  C.Kluckhohn, kelima  masalah dasar dalam kehidupan  yang menjadi landasan bagi kerangka variasi sistem nilai budaya adalah:

1.                       Masalah mengenai hakekat dari hidup manusia
2.                       Masalah mengenai hakekat dari karya manusia
3.                       Masalah mengenai hakekat dari kedudukan manusia dalam ruang waktu
4.                       Masalah mengenai hakekat dari hubungan manusia dengan alam sekitarnya
5.                       Masalah mengenai hakekat dari hubungan manusia dengan sesamanya

Metode Ralph Linton mengenai 4 wujud kebudayaan :

1.      Tahap pertama setiap sistem budaya dibagi kedalam “ adapt istiadat “ setiap sistem budaya dibagi kedalam “aktivitas sosial” dan setiam himpunan unsure-unsur kebudayaan fisik dapat dibagi kedalam “ benda-benda “,kebudayaan yang masig- masing disebut sesuai dengan nama benda-benda tersebut
2.      Tahap kedua setiap adapt sebaiknya dibagi kedalam kompleks budaya-budaya dan setiap aktifitas sosial dibagi kedalam “Komplek sosial”
3.      Tahap ketiga disrankan agar budaya dibagi-bagi menjadi “tema-tema budaya” tiap-tiap kompleks sosial lebih lnjut diuraikan menjadi “berbagai jenis-jenis pola sosial”.
4.      Tahap kempat setiap tema budaya dapat dirinc lagi kedalam “gagasan tindakan.

Orientasi Nilai Budaya

Kebudayaan sebagai karya manusia memiliki sistem nilai. Menurut C. Kluckhohn dalam karyanya Variations in Value Orientation (1961) sistem nilai budaya dalam semua kebudayaan di dunia, secara universal menyangkut lima masalah pokok kehidupan manusia, yaitu: Hakekat hidup manusia, hakekat karya manusia, hakekat waktu manusia, hakekat alam manusia dan hakekat hubungan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Home

Hello Kitty Kimono Dress