Senin, 07 Januari 2013

Alkulturasi Psikologi

Alkulturasi adalah  suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri.
Psikologi Secara etimologi, psikologi berasal dari kata Yunani ”psyche” yang artinya jiwa dan logos berarti ilmu pengetahuan. Jadi secara harfiah psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa atau mental. Namun psikologi tidak mempelajari jiwa atau mental secara langsung karena sifatnya yang abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa atau mental tersebut yakni berupa tingkah laku proses atau kegiatanya, sehingga kemudian dapat diartikan bahwa psikologi adalah studi ilmiah tentang perilaku dan proses mental.
AlkulturasiI psikologis merupakan stesor yang menantang induvidu yang mampu menurunkan status kesehatan mental induvidu. Pada model alkulturasi stress, strategi integrasi dalam mengantisipasi memunculkan dengan kesehatan mental induvidu yang optimal, sebaliknya strategi marjinalisasi menurunkan kualitas kesehatan mental (Giddens,1998)
jadi secara garis besar dapat disimpulkan alkulturasi psikologi merupakan proses sosial yang terjadi di suatu lingkungan masyarakat yang timbul dari suatu kelompok yang berupa perilaku tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu perilaku asing yang lambat laun nantinya  diterima dan diolah ke dalam perilakunya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur perilaku sendiri. 
Contoh kasus Akulturasi Psikologi
ekarang sedang musim batik khas indonesia yang dikolaborasikan dengan corak baju bola dunia yang nantinya menjadi Batik MU, Batik LIVERPOOL,Batik ARSENAL, Batik Ac milan, Batik Barcelona, Batik Real madrid .

Contoh lainnya yaitu :
Mahasiswa asal Malaysia adalah contoh dari kasus memasuki suatu lingkungan budaya baru. Mereka meninggalkan negara asalnya untuk suatu tujuan, yakni menuntut pendidikan di Universitas Sumatera Utara. Dengan latar belakang budaya yang sudah melekat pada diri mereka, termasuk tata cara komunikasi yang telah terekam secara baik di saraf individu dan tak terpisahkan dari pribadi individu tersebut, kemudian diharuskan memasuki suatu lingkungan baru dengan variasi latar belakang budaya yang tentunya jauh berbeda membuat mereka menjadi orang asing di lingkungan itu.
 Dalam kondisi seperti ini, maka akan terjadi culture shock. Meskipun Indonesia dan Malaysia berada dalam satu rumpun, tetapi perlu dipahami bahwa perbedaan-perbedaan budaya itu pasti ada. Hal ini dapat dilihat dari seringnya konflik yang terjadi di antara kedua negara. Kondisi ini membuktikan bahwa kesatuan itu seutuhnya belum ada. Peneliti juga mengamati kondisi mahasiswa Malaysia di Fakultas Kedokteran USU, khususnya yang masih tampak berkelompok. Kondisi ini menimbulkan pertanyaan, mengapa hal ini terjadi?
Apakah untuk menanggulangi keterkejutan budaya yang mereka alami? Perbedaan antara budaya yang dikenal individu dengan budaya asing dapat menyebabkan individu sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, demikian halnya dengan mahasiswa asal Malaysia ini. Bagaimana fenomena yang akan mereka alami ketika keluar dari suatu budaya ke budaya lain sebagai reaksi ketika berpindah dan hidup dengan orang-orang yang berbeda dengan mereka serta bagaimana upaya yang mereka lakukan untuk mengatasi culture shock yang dirasakan menuju suatu adaptasi yang baik dan komunikasi antarbudaya yang efektif.
Banyak hal yang dapat mempengaruhi proses penyesuaian diriseperti variabel-variabel komunikasi dalam akulturasi, yakni faktor personal (intrapersona), seperti karakteristik personal, motivasi individu, persepsi individu, pengetahuan individu dan pengalaman sebelumnya, selain itu juga dipengaruhi oleh keterampilan (kecakapan) komunikasi individu dalam komunikasi sosial (antarpersonal) serta suasana lingkungan komunikasi budaya baru tersebut (Mulyana dan Rakhmat, 2005: 141-144).

sumber :
http://tegartia.wordpress.com/2009/12/14/psikologi-secara-umum/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Home

Hello Kitty Kimono Dress